Pages

Pesta Ponan, Event Budaya di Sumbawa Yang Mengenyangkan


Tanggal 11 Februari 2018, tepat tiga hari sebelum valentine, tepat tiga hari sebelum angka penjualan kondom meningkat, gw menyempatkan diri untuk pergi jalan-jalan melihat salah satu event di Sumbawa.

Pesta Ponan namanya. Meskipun bisa dibilang 50% darah yang mengalir di diri gw adalah darah Sumbawa, setengahnya lagi swiss, gw belum pernah dengar sebelumnya tentang Pesta Ponan. Katanya sih event tahunan dan sudah ada sejak jaman dahulu kala.

Gara-gara teman nge-WA dan ngajakin kesana gw pun okey. Tapi si kampret teman gw cancel pas hari H. Jadilah gw berangkat sendiri ke Desa Poto, tempat diadakannya acara Pesta Ponan, sekitar 30 menit dari pusat Kota Sumbawa.

Berjalan seorang diri pake motor gw sempat nyasar. Gimana enggak, tempatnya ada di tengah-tengah areal persawahan yang luas banget. Saking luasnya, gw mau kok kalo diwariskan 5 hektar. Ikhlas gw...

Berangkat dari rumah jam 6 pagi, nyampe jam 7. Acara dimulai jam 9.30. Dua setengah jam gw habiskan untuk ngobrol dengan tukang cilok yang udah stand by, ngobrol dengan orang-orang buka stand jualan pupuk juga, semua itu gw lakuin dengan satu tujuan, minta rokok.

Guys, sumpah gw lupa beli rokok sebelum kesini.

Selain ngobrol modus demi rokok, gw juga sempat ngobrol dengan salah satu warga yang datang duluan untuk membersihkan lokasi sebelum acara dimulai. Namanya Pak Tebarani. Ini fotonya:

Pak Tebarani dari Desa Poto
Dari Pak Tebarani ini gw dapat informasi penting nan berharga, bahwa saham NASDEQ akan naik jadi gw disuruh lepas saham gw yang di NESTLE ama QATAR AIRWAYS.

Sungguh nasehat yang sangat mulia, akan gw laksanakan! Terima kasih Pak Tebarani, terus tebarkan keberanian. Ciiiaaaaaaaaatttttt...

Maaf, ngelantur.

Adapun Pesta Ponan ini diadakan setiap tahunnya di minggu kedua atau ketiga bulan Februari, saat usia padi menginjak 7 minggu sejak ditanam.

Masyarakat dari beberapa desa yang sawahnya berada di sekitar aerial ini berkumpul di satu tempat, tepatnya di tengah-tengah sawah, namanya Bukit Ponan.

Ibu-ibu datang dan membawa aneka jajanan dan buah-buahan dan bapak-bapaknya berkumpul di bangunan seperti aula terbuka di tengah-tengah Bukit Ponan.

Adapun anak-anak mudanya bertebaran memenuhi bukit yang luasnya gak lebih dari 2 hektar ini. 

Sebelum hidangan disajikan bapak-bapaknya tahlilan dulu, setelah itu sambutan-sambutan. Biasanya sih ada pejabat yang datang sekelas bupati atau wakilnya.





Tujuannya? Buat silaturahim, ngumpul dan makan-makan. Dan berdoa agar hasil panen nanti melimpah ruah.

Siapapun bisa datang dan mencicipi kuliner khas yang dibuat sehari sebelumnya oleh ibu-ibu dari desa sekitar Bukit Ponan.

Ngomong-ngomong soal kulinernya, gw dapat satu kresek besar buat dibawa pulang. Caranya dengan mendekati ibu-ibu dan ngobrol seru penuh antusias. Dan hola, dapat jajan.

Gw sih gak saranin cara ini karena tingkat keberhasilannya tergantung tampang dan ketampanan.


Pantai Lawar Aja. Gak Pake Eksotis. Cz Judul Yang Ada Kata Itu Udah Mainstream

Pantai Lawar Sekongkang

Waktu gw nulis artikel ini, gw udah dua kali ke Pantai Lawar.

Yang pertama diajakin ama bini gw yang pertama. Tapi karena kemungkinan besar doi bakalan baca nie artikel, gw juga harus bilang kalo dia juga bini gw yang terakhir.

Yang kedua waktu gw ada urusan bisnis gitu di Sumbawa Barat ama partner gw dan dia gw tawarin ke Pantai Lawar.

Ini Bini Gw, Tampak Belakang
Anyway, sebenarnya di Sekongkang itu ada pantai yang lain juga. Tapi menurut gw, Pantai Lawar inilah yang telah berhasil merebut hati gw.

Yang bikin gw melompat kegirangan waktu pertama kali ngeliatnya. Loe bayangin aja orang lompat tapi mukanya girang.

Begitulah ekspresi gw saat itu. Ekspresi kegirangan sambil melompat. Atau bisa juga dikatakan melompat sambil kegirangan. Apa sih!

Ada beberapa pantai di wilayah Sekongkang, Sumbawa Barat. Diantaranya ada Pantai Rantung, Pantai Tropical, Pantai Yoyo dan Pantai Lawar. Nah, Pantai Lawar ini beda ama pantai2 yang lain. Kalo pantai yang lain deket ama jalanan. Kalo Pantai Lawar, dari jalanan loe kudu nempuh jalan kecil sekitar 2 km baru nemu nie pante.

Tenang aja, mobil masih bisa masuk kok. Patokan jalan masuknya dari jalan utama, pokoknya di sebelah Kantor Camat Sekongkang. Ikutin terus jalanan kecil di samping Kantor Camat. Kalo ragu2 loe boleh nanya ke Pak Camat. Insya Allah selamat!

Guys, loe tau gak apa yang gw suka kalo lagi traveling? Tempat yang sepi. Pantai Lawar ngasi itu ke gw. Dua kali gw ke pantai ini dan dua kali juga gw gak nemuin orang laen waktu kesini. Lucky me!

Sepi, tenang, tentram, adem, cuma ada suara angin dan deburan ombak. Tempat yang tepat untuk menjernihkan pikiran dari beban-beban penganten baru. Ejakulasi dini, meskipun merupakan beban bagi penganten baru, tapi itu bukan beban gw!

Pantai Lawar Sumbawa

Pantai Lawar Sumbawa Barat
Pantai Lawar Yang Sepi
Seriously, Pantai Lawar ini garis pantainya gak panjang. Ujung ke ujung jalan kaki gak nyampe lima menit. Diapit bukit yang menjorok ke laut di kiri kanannya. Apalagi datang menjelang sunset, mataharinya tenggelam di depan elo langsung di garis horizon antara langit dan laut. Gradasi warnanya cantik, sangat cantik.

Pantai Lawar
Foto Dari Atas Pake Drone
Tapi gw harus menyampaikan ke elo semua kalo tempat ini gak deket. 3 jam dari Kota Sumbawa Besar. Kalo kesini nginep aja. Banyak pilihan hotel. Apalagi di pinggir Pantai Rantung hotelnya bejejer. Kalo kere, bawa tenda aja. Gak punya tenda, tidur di Kantor Camat aja. Resiko tanggung sendiri.

4 Langkah Mencari Calon Istri Dalam Waktu 2 Minggu


Jadi gini caranya. Lo ngomong ke gebetan lo, samperin dia tiap hari, kalo gak bisa tiap hari, via chatting juga boleh, terus loe bilang kayak gini: "Cinta, walopun kita baru kenalan, loe mau gak jadi bini gw?".

Tanyain pertanyaan itu setiap hari, 3 kali sehari, di waktu2 mujarab, selama dua minggu. Gw jamin tuw cewek bakal jatuh cinta sama elo. Bakal mau jadi bini elo. Bakal kelepek-kelepek tiap kali loe muncul didepan dia. Asal, loe ke dukun beranak sebelumnya. Minta pelet. 

BUAHAHAHAHAHAHAHAHA

Okey, gw mau nulis serius nih. Gw karena belakangan ini udah gak pernah traveling, sibuk ngebesarin bisnis gw biar bisa go internasional dan go public ke pasar saham, sementara blog ini tetap harus gw update, biar gak mubazir, biar gw gak temenan ama setan, jadilah gw minta saran gebetan gw yang cerewet centil tapi ngangenin itu kira2 nulis apa yah enaknya.

Dan salah satu dari tujuh saran yang dia kasi adalah nulis tentang pengalaman gw tentang bagaimana gw bisa ngeyakinin dia biar mau jadi bini gw hanya dalam waktu 2 minggu. Ya, dua minggu. Goblok amat dia.

Jadi gini caranya, gw bakalan share ke kalian ilmu cinta paling ampuh, lebih ampuh dari peletnya mak erot. Cekidot!!!

1. Samber Setiap Peluang Yang Ada

Ada pepatah yang bilang peluang gak datang dua kali. It's BIG NO!!! Peluang bisa datang berkali2. Tergantung sikontol. Situasi Kondisi dan Toleransi. Apalagi kalo udah urusannya sama cewek ya. Cewek itu bukan cuma satu, dua atau tiga orang. Tapi milyaran men. Tiap hari juga loe ketemu cewek. Entah yang beneran ato jadi-jadian.

Nah, pas loe ketemu, kenalan aja. Tanya nama ama nomor hape, beres! Apa? Loe gak berani? Mental coeg lo! Gw mau kasi sedikit petuah nih. Lo baca baik2.

Gw paham kalo loe gak berani. Gw paham tiap loe mau kenalan ama cewek yang ada di otak loe duluan  adalah ketakutan2 yang menurut gw, rasa takut itu sebenarnya fiktif. Otak loe mulai berasumsi yang aneh2.

"Gimana kalo nanti gw kenalan tapi ceweknya nolak?"

"Gimana kalo gw lagi ajak kenalan tiba2 cowoknya datang?"

"Gimana kalo gw ajak kenalan tiba2 gw pingsan?"

"Gimana kalo ternyata tuw cewek kuntilanak yang sedang nyamar?"

Pikiran2 negatif macam nie gak guna sama sekali. SAMA SEKALI! Loe gak bakalan tau jawabannya kalo loe gak mulai maju dan kenalan duluan. Kalo loe maju, kemungkinana loe bisa kenalan itu fifty fifty. Tapi kalo loe kemakan pikiran negatif loe sendiri dan gak berani maju, bisa dipastikan loe udah 100% gagal.

Jadi pilih mana? Coba atau kalah sebelum perang.

Gak cuma kalo kebetulan liat cewek aja, lewat sosmed juga, sambar aja sudaaaahhh. Ajak chatting, bikin obrolan yang seru n fun, terus minta nomor hapenya. Bakalan dikasi kok. Gorok leher Kim Jong Un kalo loe gak dikasi nomor hapenya.


Chattingan minta nope lewat medsos. Seringkali gagal :(
2. Follow Up

Setelah loe dapet nomor hape tuw cewek dengan cara minta langsung, jangan minta di temennya cz cewek lebih ngehargain kalo loe ngelakuin sendiri, loe kalem down dulu. Jangan langsung gerasak gerusuk telpon membabi buta. Kayak orang mesum di semak2 aja lo nyet! Kasi jeda sehari dua hari dulu lah. Baru loe hubungin. Chatting aja pake whatsap ato line kek. Gw tau loe anaknya kere jadi gak usah sms. Entar pulsa loe habis!

Terus apa yang diomongin pas chatting2an? Bebas! Tapi plis, jauhin obrolan loe dari pertanyaan:

"Kamu lagi ngapain?"

"Udah makan belom?"

"Udah baca updetan baru lambe turah gak?"

"Tadi habis boker udah cebo belon?"

BASI!

3. Ajak Kencan!!!

Jangan jago chattingan aja. Apalagi nembak lewat chat. Ajak ketemuan! Biar loe bisa cium dan grepe2 *eh. 

Gw heran ama orang2 yang jadian lewat medsos, gak pernah ketemuan, terus putus, terus sedih karena udah jadi mantan. Wat de pak!

Apa yang harus dilakuin saat kencan? Nyante aja coy. Dia bukan pacar elo tapi masih gebetan. Jadi gak usah serius2 banget. Dibawa sante.

Ketemuan, jabat tangannya erat, ngobrol seru, bikin dia ketawa, bikin dia hamil duluan. Shit! Gw mulai ngelantur lagi.

Intinya, kencan pertama ini yang bakal nentuin apakah dia masih mau jalan sama elo di kencan kedua, ketiga dan seterusnya. Jadi, buat sesi pertemuan yang menyenangkan. Cari topik2 seru yang enak diobrolin sama cewek. Setau gw, topik tentang fashion, make up, cewek tertarik banget tuh. Selingin ama cerita tentang pribadi loe.

Kalo cara loe komunikasi bagus, kalian bakal ngobrol dua arah gitu, loe ngomong dia nyaut, dia ngomong loe nyaut. Bukan cuman loe doang yang ngomong tapi dianya dengerin sampe selese. Kayak khotib jumatan aja loe!


Referensi First Date: Ajakin ke pasar rombeng!!!
4. Jangan Lama-Lama Kencan, Cium!

Kalo loe enak ngobrolnya, gak kode2an, dia tau maksud loe kalo alasan loe ngajak dia jalan karena loe naksir dia, terus kalian udah ada kayak chemistrynya gitu, cukup dua minggu, ya cukup dua minggu dan maksimal tiga kali kencan, loe cium tuw cewek.

Gak usah dibibir nyet entar loe sange. Di kening aja. Gak usah minta-minta ijin segala. Gak usah nembak2 juga. Kayak bocah aja pake acara nembak. Pas loe anterin dia pulang, loe panggil dia, pegang tangannya, cium keningnya. Habis itu lo bilang:

"Malam ini, kamu gak usah mimpiin aku yah :)"

Terus loe cabut pake motor kreditan loe, pulang dan gak usah hubungin dia lagi.

Taruhan tuw cewek bakal ngehubungin loe duluan dengan segala gengsi yang ada pada dirinya.

Maka muncullah pertanyaan dari si cewek:

"Hay apa kabar? Lagi ngapain?"

Pertanyaan basi emang, tapi kalo cewek yang loe taksir nanya kayak gitu, loe pasti bakal senyum2 sendiri. Ato pertanyaan kayak gini:

"Kamu nyium aku kemaren maksudnya apa?

"Kita sekarang hubungannya sebenarnya gimana?"

Gw gak tau pasti sih kalimat2 lainnya. Tapi intinya, sadar gak sadar, kalo tuw cewek udah nanya kayak gitu sama elo, itu sama aja artinya dengan dia udah nembak lho. Men, sekarang jamannya cewek yang nembak cowok. Cowok tinggal nentuin aja. Cowok itu pemimpin, dia yang harusnya memilih. Ya loe jawab aja, kalo loe emang suka ya loe kasi dia status.

Tapi ingat, laki2 sejati gak pernah permainkan cewek. Laki2 dewasa selalu mengambil keputusan setelah mempertimbangkan baik buruknya. Cinta bukan permainan. Apalagi sampe memutuskan untuk menikah. 

Well, gw gak mau baper disaat-saat terakhir. Pokoke itulah cara gimana cara dapetin calon istri dalam waktu 2 minggu. Selamat mencoba dan mari kita bangkrutkan dukun pelet se-Indonesia.

Salam Jomblo...!!!