Pages

Empat Hari Di Sumbawa (Part 2): Eksotisme Pantai di Sumbawa Barat


Artikel sebelumnya gw nulis pengalaman di Gili Bedil, Gili Keramat ama Gili Temudong. Pulang dari tiga gili tersebut gw udah planning buat jalan2 di pantai-pantai yang ada di Sumbawa Barat tepatnya di Kecamatan Maluk. Karena udah kesorean dari Gili Bedil, gw memutuskan untuk bermalam di Kota Alas. Sebenarnya bisa aja langsung ke Taliwang tapi fisik udah capek banget men. 

Perjalanan dari Labuan Bajo ke Kota Alas cuman setengah jam doang. Disini yang gw lakukan pertama yaitu mencari yang namanya Hotel Anda. Harga kamarnya variatif mulai 100rebu, 150rebu sampe 300rebu per malam. Yang AC 300rebu. Secara gw anaknya rada2 manja gitu, jadinya gw booking kamar AC rumah teman di Alas. Gratis! Hotel? Ngapain buang2 duit kalo bidang datar aja udah bisa bikin gw ngorok. Backpackeran woyy. 

Besok paginya habis mandi, gosok gigi, nyabun, nyoli dan sarapan, gw cari doraemon buat pinjam pintu kemana aja terus ke Maluk. Tapi loe tau sendiri kan kalo Doraemon itu fiktif , cuma kartun doang. Jadinya ya gak ketemu. Emang loe ngarepin apa nyet?

Dari Alas ke Maluk itu jaraknya 2 jam. Begitulah pengalaman gw kemaren pake mobil sewaan di Sumbawa Besar. Jaraknya bisa jadi 2 abad kalo loe nyewa mobil yang gak ada ban nya. Lama memang, tapi kan sante. Sante pala lu nyet!

Nyampe di Kota Maluk, untuk pertama kalinya, gw merasa kayak gimanaa gitu. Perasaan yang gak bisa diungkapkan dengan kata2. Perasaan yang hanya gw yang bisa merasakan. Bukan karena terlalu indah tapi yaaa karena biasa2 aja. Namanya kota coeg, apalagi yang jauh disana ya gitu2 aja. Jalan, rumah di pinggir jalan, toko2, gedung2 yang gagal nyakar langit. Tapi pantainya, hanya sekitar 5 menit dari kota, pantainya itu loh, beeeeuuhhh, panas!

Pantai Maluk, Sumbawa Barat

Pantai Maluk, Sumbawa Barat

Pantai Maluk, Sumbawa Barat

Pantai Maluk, Sumbawa Barat
Ketampanan ini membunuhku
Lepas dari Pantai Maluk, perjalanan gw dilanjutkan ke Kecamatan Sekongkang. Disini gw pengen tau yang namanya Pantai Rantung, Pantai Yoyo, dan Pantai Tropica kayak gimana. Keingintahuan gw bukan tanpa alasan. Beberapa malam sebelumnya gw pernah mimpi disamperin Wiro Sableng. Dia bilang kalo gw keturunan Sinto Gendeng. Udah gitu ternyata dalam diri gw ada ilmu kanuragan keturunan eyang Sinto Gendeng yang masih belum gw sadari. Terus gw disuruh traveling untuk mencari kekuatan gw yang sesungguhnya. Waktu gw tanya harus cari dimana, si Wiro diam aja. Gw tanya lagi dia masih diam aja. Akhirnya gw tanya untuk ketiga kalinya, 

"Wir, gw harus cari kemana kekuatan gw yang ilang? Plis jawab gw, jangan gantung gw kayak gini. Udah bosen gw digantung Wir" Tanya gw memelas

"Bukannya gw gak mau jawab Ry. Tapi loe ngapain sie nulis2 kayak gini di blog loe? Habis bahan sih habis bahan. Buntu sih buntu, tapi ngapain loe bawa2 gw ama guru gw segala. Kamu jahat!" Sambil berlalu dan takkan kembali hingga purnama kesepuluh.

Okeh, skip!

Dari Maluk ke Sekongkang kira2 30 menit. Sepanjang perjalanan gw sering papasan ama mobil ranger 4X4. Orang-orang berseragam kuning biru juga. Mereka adalah para pekerja tambang di PT Newmont Nusa Tenggara. Salah satu mega proyek di Indonesia. Yap, kawasan ini memang pintu masuk para pekerja newmont untuk bekerja.

Sebagai bocoran buat kalian yang ngefans banget sama gw, dulu bokap gw pengen banget gw kerja disini. Melintasi Kecamatan Sekongkang terutama di Desa Benete dan melihat gerbang masuk ke kewasan Newmont, kenangan akan keinginan bokap muncul kembali ke kepala gw. Gw ingat dulu bagaimana kami berdebat dan gw bersikukuh menekuni dunia modeling. Njiirrr!!

Okeh, setelah 30 menit yang gak jelas, gw akhirnya tiba di Sekongkang. Kawasan pantainya berada lumayan jauh dari pusat pemukiman warga Sekongkang. Gw baru ngeh kalo pantai disini adalah kawasan para pencinta olahraga ombak, surfing. Di pinggir pantai banyak menyediakan bungalow dan homestay yang namanya selalu ada kata 'surf'. Gara2 itu lah gw jadi ngeh. 

Gw dan teman-teman check in di Santai Bungalow, sebuah bungalow yang berada tepat di Pantai Rantung. Sesuai namanya, tempat ini cukup santai lah...

Suasana di Santai Bungalow depan Pantai Rantung:



Menurut orang-orang sekitar sini yang sempat gw tanyain, Pantai Rantung, Yoyo, Sekongkang ternyata masih satu garis pantai yang sama. Kalo nama penginapannya Hotel Yoyo, berarti di depannya Pantai Yoyo. Kalo nama hotelnya Hotel Rantung, berarti di depannya Pantai Rantung. Kalo loe kelamaan jomblo, nyebur aja ke laut. Begitulah kira2.


Pantai Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat
Sunset di Pantai Sekongkang
Pantai Rantung, Kabupaten Sumbawa Barat
Cowok ganteng di Pante Rantung (Sumpah ganteng)
Pantai Sekongkang, Sumbawa Barat
Cowok semua, sialaaannn
Ada satu pengalaman menarik waktu gw dan teman2 gw nginap di Sekongkang. Tiba2 ada seorang bule mendatangi kami dan berkenalan. Kamipun berbincang2 (dalam bahasa inggris tentunya, ehm)

Gw: What are you fucking doing in my country? husshh, jauh2 sana...

Bule: What? Are you fucking kidding me?

*Terus berkelahi...

Seet dah, perasaan becanda mulu daritadi. Jadi intinya gini, bincang2 gw ama bule kemaren itu penuh dengan inspirasi. Kita saling cerita kerjaan kita masing2. Tapi yg paling gw salut itu ternyata tuw bule di Indonesia ngerjain kegiatan2 sosial gitu. "What i do is not for money, just for eat" katanya. "I give coffee for the workers who cut the tree with ilegal in Sumatra Forest. With that, we hope there is more time for them to take a rest and more tree can be save" lanjut tuw bule. 

Disitu gw tersentak. Gw terloncat dari tempat duduk gw dengan ketinggian 5 meter. Sungguh perbuatan yang mulia. Sebagai anak negeri ini gw merasa malu banget. Semenjak perbincangan itu, gw bertekat untuk berenti dari hobi download bokep dan memilih untuk berbuat sesuatu yang berguna bagi nusa dan bangsa. Daftar jadi kader parpol!

Bersambung ke Part 3 (KLIK DISINI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar