Pages

Lombok Bukan Pantai. Ini Buktinya!!!

Mana buktinya? 

Source: Google.com
Okeh, sekian pembuktian dari gw, salam Anti Korupsi!!!
.
.
.
.
.

Njiiirr, cuman segitu doang? Nyesel banget gw nulis ini. Tulisan macam apa ini. Lah, kok gw yang protes. Nie yg nulis siapa sie?

*
Artikel ini gw tulis buat kasi tau orang2 yang berpikiran kalo Lombok itu Senggigi, Gili Trawangan atau Kuta. Ow, gak men, Lombok lebih daripada itu. Pengalaman gw selama ini malang melintang di dunia jalan2 ngasi tahu gw kalo Lombok itu lebih sejuk daripada matahari di Kuta Lombok, lebih hijau daripada putihnya pasir Gili Trawangan, lebih tawar dari asinnya air laut Senggigi, lebih tegang daripada sepasang pengantin di malam pertama.

Check this out satu-satu ya...

1. Lebih sejuk daripada matahari Kuta Lombok

Apakah itu yang lebih sejuk daripada matahari? Kalo melihat suhu matahari yang mencapai 15juta derajat celcius, maka bisa dipastikan, masih lebih adem ngeliat gebetan jalan sama orang lain. Saking panasnya matahari di Kuta Lombok, gw sampe gak butuh kehangatan entar malam. Gw sendiri mikir keras apa maksud paragraf ini.

Okeh, skip. Jadi inilah yang lebih adem, lebih sejuk, lebih menyegarkan daripada Kuta Lombok:

Sembalun dari Bukit Anak Dara
Sembalun dilihat dari Bukit Anak Dara (Photo By Culint FOKUS UNRAM)
Desa Sembalun, desa dengan dengan ketinggian 1100 mdpl, desa tertinggi di Pulau Lombok, desa yang terletak tepat di bawah kaki Gunung Rinjani ini punya ciri khas sendiri. Bukit-bukit yang mengelilingi desa yang menurut gw keliatan kayak dinosaurus ini membuat Desa Sembalun seolah-olah terisolir. Untuk menuju desa ini aja loe harus ngelewatin hutan lebat dengan tanjakan yang berkelok-kelok. Tapi tenang, aspalnya udah hotmix kok.

Untuk menuju Desa Sembalun dari bandara loe sebaiknya nyewa mobil aja buat nganter kesana. Angkutan umum rada2 susah. Kalo dianterin pake mobil pribadi tarifnya kisaran 600 ribu. Lumayan memang karena jarak bandara ke Sembalun berkisar 3 jam perjalanan.

Apa yang bisa loe lakuin di Desa Sembalun? Selain nyari pokemon dan menenangkan diri akibat ditinggal nikah sama mantan pacar, loe bisa metik strawberry, nginap di penginapan dengan suasana desa yang alami, bahkan menaiki bukit2 yang ada di Sembalun. View dari atas bukitnya ituloh, kalo diungkapkan dengan kata2, bagus! "Gitu doang Ry?" Emang loe ngarepin apa Kecoak ngepet! Nie liat aja foto-fotonya dan nilai sendiri.

Bukit Nanggi, Sembalun, Lombok Timur
View dari Bukit Nanggi, Sembalun, petjahhh (Photo By Culint FOKUS UNRAM)
View Sembalun dari Bukit Selong
View Sembalun dari Bukit Selong (Photo By FOKUS UNRAM)
Sembalun dari Bukit Pergasingan
Sembalun dari Bukit Pergasingan
Ada satu yang gak kalah seru dari Desa Sembalun. Pemuda di desa ini tengah bersiap-siap memajukan desanya di bidang pariwisata. Meskipun masih cukup lama, tapi dalam satu dua tahun ke depan loe bakalan bisa menikmati ini dari Desa Sembalun:

Paralayang Dari Bukit Pergasingan, Sembalun

2. Lebih hijau daripada putihnya Pasir Gili Trawangan

Apa yang lebih hijau dari warna putih? Pertanyaan macam apa ini? Lagian kan harusnya point nomor satu di atas udah mewakili point nomor 2 kan? Liat aja tuh foto-fotonya ijo semua. Tapi sebagai blogger yang bertanggung jawab, gw dituntut untuk kreatif dengan ide2 segar nan cemerlang. Gw gak mau orang2 ngeliat gw dari tampang ganteng gw aja. Gw mau orang2 ngeliat gw dari isi kepala gw. Apaan sih!

Yang lebih hijau dari putihnya pasir Gili Trawangan adalah Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Elo liat deh hutannya, daunnya pasti ijo. Bangsat, ini blog apaan ya.

Kalo lo mau naik Gunung Rinjani, catat nie

Pertama:
Untuk ke puncak Rinjani paling cepat makan waktu 2 hari 1 malam. Tapi itu udah ngebut banget programnya. Buat pemula yang baru naik gunung kalo cuman pengen muncak doang sebaiknya ambil program 3 hari 2 malam.

Kedua:
Kalo mau dapat puncak ama Danau Segara Anak, bisa sie 3 hari 2 malam. Tapi ya itu tadi, ngebut juga. Naik gunung berasa dikejar debt collector. Mendingan 4 hari 3 malam atau lebih. Santee, gak ada beban. Tapi tetap, nyampe rumah dengkul berasa ditarik2.

Ketiga:
Jalur pendakian Rinjani yang legal itu ada dua. Sembalun ama Senaru. Biasanya orang2 lokal banyak naik lewat Sembalun. Lebih gampang, banyak bonus jalan datarnya. Kalo jalur Senaru kebanyakan dilewatin ama bule2 gitu. Jalur Senaru terbilang lebih pendek tapi nanjak terus, gak ada bonusnya.

Keempat:
Persiapan fisik sangat diperlukan sebelum mendaki. Pemanasan beberapa hari sebelum mendaki akan sangat membantu. Buat yang kebanyakan nyoli, naik gunung akan berasa neraka. Muahahahaha

Taman Nasional Gunung Rinjani
Bukti hijaunya Rinjani (Pos 2 Jalur Sembalun)
Danau Segara Anak, Gunung Rinjani
Hijau hijau hijau dimana2 (Danau Segara Anak)
Bayangkan elo disini saat ini juga. Itu aja sie, gw cuman suruh bayangin doang
"Ry, kok gak ada foto puncak Rinjani sie?" 

Cerewet loe, puncak itu gak ijo tau. Ada juga gersang. Entar gak kompatibel ama pembahasan point nomor dua gue yang mempertahankan kehijauan. Loe search google aja sana!

"Loe maksa banget nulisnya Ry!"

Daripada gw maksa cewek buat cinta sama gw padahal enggak, mendingan ini kali. 

"Loh, kok jadi curhat Ry?"

Karena gw laki-laki sejati... #ThugLife #JombloItuIndah #SendiriItuAsyik #HashtagKepanjangan #Biarin #Blog2Gw

3. Lebih tawar dari asinnya air laut Senggigi


Air Terjun Penimbungan, Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
Air Terjun Penimbungan, Rinjani
Lombok punya lebih dari 150 air terjun. Ada yang mudah dijangkau, ada yang butuh waktu dan tenaga ekstra untuk menikmatinya. Kayak air terjun di atas, namanya Air Terjun Penimbungan. Untuk ke TKP aja kamu harus jalan kaki dulu dari Desa Torean, Lombok Utara memasuki Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sampai sekarang, gw belum pernah turun sampai ke bawah Air Terjun Penimbungan. Loe cuman bisa menikmati dari atas aja. Katanya sih ada jalur buat ke bawah, search di google juga gak ada foto yg dari bawah. Hiks, yang punya info atau kenalan yg tau jalur ke bawah komen yaaa...

Kalo yang gampang diakses, ini air terjunnya:


Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara
Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Sendang Gila, Senaru, Lombok Utara
Air Terjun Sendang Gila
Terletak di Desa Senaru, Lombok Utara, dua air terjun ini memiliki satu pintu masuk. Sekali nembak, dua cewek loe dapat. Ke Desa Senaru kalo dari Kota Mataram sekitar 2,5 jam men. Desa Senaru juga masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. That's why desa ini hijau dan udaranya seger.

Untuk menuju air terjunnya, loe harus turun tangga dulu sekitar 5 menit. Air terjun pertama yang loe temui namanya Air Terjun Sendang Gila. Dinamakan gitu karena dulu warga menemukan air terjun ini saat sedang berburu harimau gila yang meresahkan masyarakat. Kalo yang meresahkan aku itu kamu... iya, kamu... Bambang!

15 menit jalan kaki dari Air Terjun Sendang Gila, loe bakal nemuin yang namanya Air Terjun Tiu Kelep. Tiu artinya air, kelep artinya terbang. Berarti air terbang. Bisa terbang karena bersumber dari Planet Crypton.

Rinjani Lodge, Desa Senaru
Desa Senaru, Lombok Utara
4. Lebih tegang dari sepasang pengantin di malam pertama

Apa itu? Orang ngintip! Udah gitu aja.

3 komentar:

  1. Jadi pengen ke Sembalun lagi...
    Saat saya naik Rinjani, saya pas hamil 6 bulan lho! Enak banget bisa makan nasi liwet sama bakar ikan dari danau segara anak.

    Kini anaknya udah ngajak balik naik Rinjani lagi, emaknya yg mikir2, bakal kuat enggak ya? Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowww.. Naik gunung pas lagi hamil. Gw ngefans mbaakk...

      Hapus
  2. ketahuannnnnn..orang ngintip..hahaha

    BalasHapus