Pages

Tanjung Menangis Dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek :'(

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis adalah tanjung yang bisa menangis. Gak percaya? Buktiin aja sendiri, datang kesini dan dengarkan suara alam dengan seksama (Catatan: agar suara tangisannya bisa terdengar lebih jelas, datanglah rame2 dengan teman2 loe, salah satu dari teman2 loe harus cewek yang lagi galau abis, dengerin dia curhat, elo bakalan dengar suara tangisan itu). Terbukti!!!

Gw yang baru beberapa minggu ini stay forever young di Kota Sumbawa Besar, kota dimana gw dilahirkan secara normal dari kandungan emak gw, kota dimana gw tinggal hanya sampe SD doang sehingga sedikit sekali teman gw disini, memutuskan untuk mencari kesibukan dengan mendekati cewek2 Sumbawa yang bening cakep dan manis ikut2an kegiatan positif salah satu komunitas traveling di Sumbawa yaitu Adventurous Sumbawa. Jadilah gw ikutan mereka ke Tanjung Menangis.

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis adanya di Sumbawa Besar. Deket kok, sekitar 1 jam dari kota pake sepeda motor. Tapi buat loe yang baru pertama kali ke sini, mendingan loe ajak teman yang tau lokasinya. Agak membingungkan jalannya karena destinasi ini masih terbilang alami dan jarang dijamah jadi jangan berharap ada papan penunjuk arah. Kecuali kalo loe emang berniat nyasar ke rumah mantan cewek loe, gak usah ajakin teman. Ajakin aja gw, sapa tau gw cocok ama mantan loe.

Sampe di Tanjung Menangis, gw gak mengagumi keindahan alam, hal pertama yg gw lakuin adalah duduk istirahat, lap keringat, minum dan ngecek ada sinyal apa enggak. Pengen stalking instagram mantan. Setelah semuanya selese, Subhanallah, indah juga lokasi ini. Laut biru dan tebing2 yang mencuat tinggi nan eksotis. Ini tempat yang tepat buat bunuh diri. Eh salah, maksudnya, ini tempat yang tepat untuk menghabiskan weekend loe. Ngecamp saat weekend di tempat ini recommended banget.

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Sayang karna jadwal gw yang super sibuk sebagai cowok keren, wahai rakyatku, ketahuilah gw gak bisa ngecamp saat berkunjung ke sini. Padahal pengen banget menghabiskan malam sambil berdiskusi dengan teman2 dari Adventorous Sumbawa tentang pengembangan pariwisata di Tanjung Menangis dan Sumbawa pada umumnya. Menurut gw, mereka komunitas yang keren. Menyalurkan hoby mereka secara positif sambil tetap memikirkan hal apa yang bisa mereka berikan untuk tanah kelahirannya. Buat yang pengen tau tentang Adventorous Sumbawa, loe boleh gabung di fanpage FBnya disini -> https://www.facebook.com/groups/1386295004944496

Apa yang bisa loe lakuin di Tanjung Menangis, banyak. Camping, snorkeling, diving, cliff jump juga bisa, maen layangan boleh, yang nggak boleh ya buang sampah sembarangan.

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Terus mana cerita meweknya Ry? Sabar, gw bakal ceritain kok. Loe pernah nonton drama korea kan? Nah, ceritanya gak mirip kayak itu. Jadi ceritanya gini. Alkisah ada putri Raja Sumbawa sakit, gak ada yg bisa nyembuhin, sampe si raja bikin sayembara. Siapa yg bisa nyembuhin, kalo cewek diangkat jadi anak, kalo cowok dinikahin sama si putri. Sayembara ini terdengar sampe Ujung Pandang sana. Banyak yg nyoba tapi gagal kecuali satu, kakek tua renta dari Ujung Pandang. Ya, dia berhasil nyembuhin putri. Karena nie kakek tua banget, si raja gak ikhlas gitu nikahin sama putrinya dan ditawarinlah harta sebanyak2nya ke si kakek sebagai pengganti hadiahnya. Si kakek gak maulah, merasa dipermalukan si kakek balik ke Ujung Pandang naik perahu yang diparkir di Tanjung Menangis ini. Si putri nyusulin si kakek. Terus waktu si kakek udah diatas perahu, tiba2 dia berubah jadi cowok tampan. Si putri yang ngerasa udah nemuin cinta sejatinya itu ngejar si cowok itu sambil nangis bahkan gak sadar nyebur dan tenggelam deh di lautan. Jadilah nama tempat ini Tanjung Menangis. Gitu. Kalo si putri ngejernya sambil ketawa mungkin namanya Tanjung Ketawa. Gitu. Eh, ini legenda ya, mau percaya boleh enggak juga gak apa2.

Nah, itu dia ceritanya, next time gw mau ngecamp disini. Sama kamuh, pujaan hati yang belum ada sampe sekarang :'(. Tenang aja, Aa' gak akan niggalin kamu kok, kalopun Aa' liat kamu tenggelam pasti Aa' tolongin. Tapi Aa' ketawain dulu.

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

Tanjung Menangis dan Kisah Cinta Yang Bikin Mewek

3 komentar:

  1. info dari mana sob?? setau ane...kakek tua yg menyamar itu dari makassar bukan dari ujung pandang...
    cuma koreksi sedikit...
    thanks...

    BalasHapus
  2. Cuank cuit: Terima Kasih atas koreksinya. Dari artikel yg saya baca emang ada beberapa versi cerita. Maka dari itu, mari kita sama2 mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Salam revolusi mental!

    BalasHapus
  3. Koreksi lagi ujung pandang itu nama zaman baheulanya makassar. Dulu disebutnya ujung pandang klo sekarang jadi makassar.

    BalasHapus